3.07.2007

Kue Sus

Photobucket - Video and Image Hosting


"Horee, kue susku berhasil..!!!<:-P Hihihi, rada trauma soalnya bikin ini karna nggak pernah sukses, kalo nggak gosong ya kempes. Lagi iseng-iseng baca koleksi resep, kok jadi kepingin bikin. Sambil inget-inget kesalahan yg dulu dibuat, bikinnya rada hati-hati. Hari ini bahagia banget de rasanya...;;)"

sumber : Kreatif Pastry Lengkap & Lezat, Sedap Sekejap

KULIT SUS

bahan :
250 ml air
1/2 sdt garam
125 gr margarin (aku pake blueband, kapok nyampur pake butter)
150 gr tepung terigu (aku pake segitiga)
4 butir telur (aku timbang 200 gr, kalo kelebihan yg dikurangi bagian putihnya, ini dalam rangka kapok juga :D)

cara membuat :
- rebus air, garam, dan margarin hingga mendidih.
- masukkan tepung terigu sekaligus, aduk hingga kalis, angkat dari api, dinginkan.
- tambahkan telur satu persatu sambil dikocok menggunakan mixer hingga adonan tercampur rata.
- semprotkan adonan di atas loyang yang telah dioles margarin (jangan terlalu banyak yak!)
- oven 25 menit dengan api bawah 200o (oven jangan dibuka-buka)


VLA

bahan :
200 ml susu cair
75 gr gula pasir (buatku kemanisan, dikurangi jadi 50 gr)
25 gr tepung maizena
1/8 sdt garam (aku skip, pernah bikin vla dikasih garem jadi aneh rasanya)
1 kuning telur
2 sdm rhum (ga pake, ganti pake 1/4 sdt vanili bubuk)

cara membuat : (ini cara bikin versi aku aja ya)
- rebus susu, gula, maizena, vanili, dan garam, sambil diaduk hingga beruap.
- masukkan 1 sendok sayur adonan ke dalam kuning telur, aduk rata, masukkan kembali ke dalam larutan susu, aduk cepat.
- didihkan hingga meletup-letup. dinginkan sambil sesekali diaduk agar vla tidak menggumpal.

bahan isian lain : ragout, ganache coklat kocok

4 comments:

  • Esti says:
    08 March, 2007 10:33

    Jadi pengen bikin isi sus pake ragout tapi campurannya seperti bikin isi Amris. Enak kali ya? Mau bikin ah week end ini. Cuma aku punya penyakit malas buat posting. Gara-garanya udah ketik, pas upload fotonya ee..hilang. Speedy..speedy...! Suka angot-angotan

  • Ellen Antheunis says:
    08 March, 2007 18:51

    Lha mbak,
    kog barengan gw...kemarin juga aku bikin sus dan profiteroles...wakakakka...serendipity

  • Inev says:
    09 March, 2007 17:24

    mb Esti, sama dunk. makanya aku kalu posting suka borongan. hihihi...

    mb Ellen, hihihi... sekarang samaan bikin kue sus. yg waktu itu sayur asem yach... :P

  • Anisa says:
    11 March, 2007 11:31

    hem...mau juga sus nya mbak Ine.Mau coba ah..ngintip resepnya ya..