12.13.2005

Roti Unyil

Image hosting by Photobucket

"pertamanya iseng gara-gara nyicipin roti buatan mamanya temennya Ihsan waktu lagi ada lomba di sekolah. jadi penasaran roti bikinan sendiri kok bisa uenak gitu, so kalo belio bisa why not me...? setelah nyoba beberapa kali dapet juga resep yg kumodifikasi sendiri. tapi aku buatnya mungil-mungil seperti roti unyil gitu deeh... jadinya lucu, en anak-anak jadi demen banget makannya..."

bahan :

400 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
1 butir telur
1 kuning telur
110 gr gula pasir
1 bungkus ragi instant
225 ml susu cair dingin
75 gr mentega
1/2 sdt garam
1/8 sdt bread improver

bahan isi : coklat, keju, sosis, kornet, selai, dll

cara membuat :
- ayak tepung terigu, tambahkan ragi instant, gula, dan telur. uleni hingga rata.
- tuang susu cair, uleni hingga kalis.
- masukkan mentega dan garam, uleni hingga elastis.
- diamkan selama 30 menit.
- tinju adonan untuk menghilangkan gas di dalam adonan.
- timbang masing-masing adonan seberat 10-15 gr. bulatkan.
- isi dengan bahan isian, bentuk, diamkan selama 10 menit.
- oven dengan suhu 200 derajat C selama 8 menit dengan api bawah, pindahkan ke api atas selama 2 menit. keluarkan dari oven.
- setelah dingin simpan dalam wadah yg tertutup rapat agar tidak keras.

3 comments:

  • Yudina says:
    01 March, 2007 12:58

    wah..mantab banget deh.....

  • Anne says:
    31 July, 2009 21:38

    uleni nya gak pake mixer ya ?

  • Ine Sena says:
    31 July, 2009 22:07

    Anna : pake tangan or mixer boleh aja.