11.02.2006

Takoyaki

"setelah sekian lama (sampe bertahun-tahun lho..!!) memendam keinginan untuk bikin takoyaki, akhirnya tercapai juga. hasilnya, puasssh banget... thanks en muach buat teh Uceu... :) "

By Uceu's Hubby

BAHAN:
4 kuning telur
2 putih telur
dashi stock (5 sdm Dashi + 750 ml air)
350 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
3 sdt garam
minyak sayur

BAHAN ISI:
250 gr tako/cumi/udang/ikan, direbus, dipotong kotak 1 cm
kol iris tipis
daun bawang iris halus
jahe cincang halus

PELENGKAP:
200 ml saus teriyaki / (bisa diganti kecap inggris import ) >> biar agak cair, aku tambahkan sedikit air
200 gr mayones
5 gr katsuo bushi (Optional) >> buat aku wajib..! soalnya ini yg menjadi khasnya
sedikit daun nori bubuk

CARA:
1. Kocok lepas telur, tambahkan dashi stock sedikit demi sedikit sambildiaduk rata.
2. Tuang baking powder dan garam ke dalam campuran tepung, aduk rata.
3. Tuang adonan terigu kedalam campuran telur dan dashi stock.
4. Panaskan cetakan & olesi dg minyak sayur.
5. Tuang adonan kecetakan sampe ¾ tambahkan cumi, kol, daunbwg n jahe.
6. Tutup dengan adonan kulit lagi sampai penuh. >> dan banjir meluap
7. Bolak balik sampai membentuk bola n matang. Sajikan dengan pelengkap.

cara menghidangkan :
tata takoyaki di atas piring, olesi dengan saus teriyaki menggunakan kuas, siram dengan mayones, taburi katsu o bushi dan daun nori.

TIPS:
- bolak balik takoyaki pd saat yg pas, yaitu saat bagian bawah dan pinggir berkulit tapi bagian tengah masih cair sehinggabagian cair ini membentuk lingkaran penuh.
- gunakan tusuk sate untuk membolak balik

* ya ampun, gw ngetik resep ini sampe ngiler :))) *

19 comments:

  • Lia says:
    02 November, 2006 13:37

    ah, baru setelah baca ini aku jadi tertarik nyobain takoyaki :D abisna slama ini liat kok kayak poferces ajah jadi kurang interes, tapi abis baca detil & liat gambar2nya jadi ngecesss... tapi lagi, aku belon punya cetakannya :( pinjem dunk

  • rita says:
    02 November, 2006 15:07

    Nah lo, jd teriyaki bisa diganti ma saus inggris ya. Kyknya selama ini saus teriyaki yg aku liat, mesti ada alkoholnya.

  • Ine Sena says:
    02 November, 2006 15:44

    to Lia...
    aku juga mau bikin ini mesti ngumpul2in dulu bahan sama alatnya. kekeke....

    to rita...
    tul banget, bukan hanya alkohol tapi wine juga. (lha podho wae...). aku pake saus teriyaki merk TAI HUA produk singapore ada label halalnya. kalo aku bilang siy, mentok2 pake saus tiram aja. rasanya ga akan jauh beda. kalo pake saus inggris malah terlalu tajam, en jadi agak asem kayaknya rasanya. gituw... thanks ya rit... :)

  • Dhonatneth says:
    03 November, 2006 22:09

    waaaaaaaaaaaahhhhhh.... doyannnnnnnnnnnnnnnn.... pandai sekali kau. ngomong2 itu cetakannya pake cetakan apa? cetakan khusus takoyaki?

  • Ine Sena says:
    03 November, 2006 22:57

    hehehe, iya betul Dhon... sampe hunting dulu cetakannya. ini cetakan elektrik, belinya di bandung jl. abc. untuk di atas kompor ada juga. ayo bikiiiin, pake cetakan poffertjes juga bisa tapi ukurannya jadi mini... :p

  • l.rivai says:
    09 March, 2008 22:55

    hello, mau tanya nih, beli cetakan listriknya nama tokonya apa? pas di jl. abc nya ya? harganya brp? kebetulan minggu dpn mau ke bandung. thanks

  • Ine Sena says:
    10 March, 2008 05:10

    nama tokonya lupa euy. pokoknya di paling ujung, tokonya di sebelah kanan pas persimpangan dgn jl. banceuy. tokonya besar tapi dr luar kliatan kecil, begitu masuk langsung ke bagian kanan tempat peralatan dapur. ada jg cetakan takoyaki yg buat nangkring di atas kompor. met hunting..!

  • wulansari says:
    13 June, 2008 13:25

    aku udah punya cetakannya.tapi nyari bahan2 nya dimana ya?aku ke supermarket paling ada nya cuma nori bubuk nya aja.yang laen2 kaya katsuobushi sama dashi nya ko ga ada ya??
    aku tinggal di bandung ni.kalo boleh tau,beli bahan2 nya dimana yaa??soalnya uda lama cetakannya nganggur ni!hehe..thx before ya..=)

  • Ine Sena says:
    15 June, 2008 04:43

    wulan : di bandung malah banyak tempat mbak untuk beli bahan2nya. ada di Yogya Riau Junktion *nulisnya gimana sih, hehe* ato di Papaya Parisj Van Java ato di toko Setiabudi, pas di pertigaan setiabudi-cipaganti. mudah2an ketemu ya.
    maap ya baru bales...

  • Anonymous says:
    25 June, 2008 10:14

    hmm, kalau di Surabaya kira2 ada gak yah ??? ... apa disetiap Papaya ada gitu ??

  • Ine Sena says:
    25 June, 2008 19:18

    mudah2an sih ada ya, soalnya papaya emang juwalannya yg begituan... setahuku...

  • Hanyalone@yahoo.co.id says:
    21 April, 2009 20:05

    Aduwh,
    Kaya nya enak tapi susah,!

    ~.~

    Mba,
    Tw yg nma nya JAGA BUTTER ga,?

    Btw,
    Slm knl mba,,,

    n_n

  • Anonymous says:
    25 May, 2009 22:39

    klo di jogja,cari bahannya gampang ga si?dijual di toko khusus ato swalayan??thx ^_^

  • csrahasiablogging says:
    28 July, 2009 14:19

    Sepertinya makanan yang harus dicoba, namun sayangnya di smg sepertinya masih jarang menjualnya.

  • ken says:
    26 December, 2009 15:07

    mbak pengen coba buat deh tapi beli cetakannya berapa ya harga pasarannya? aku tinggal di bandung.. mkasih

  • Anonymous says:
    16 December, 2010 16:52

    Kalo harga cetakan takoyaki nya kira2 brp ya?
    Btw, dashi itu apa sh?
    o ya, kl aq adanya saus teriyaki, keasinan gk ya rasanya?
    Tx before..

  • agnes says:
    28 December, 2010 21:06

    itu untuk berapa porsi ya? oh iya, kalo di jkt beli dashi sama katsuobushi dimana? thanks :)

  • TUANMUDA Takoyaki & Okonomiyaki says:
    11 March, 2011 12:25

    salam kenal
    thanks infonya

  • Anonymous says:
    16 December, 2011 15:54

    makasih resepnya . .
    kalo boleh tau, dashi itu apa ya? kalo misal nggak bisa dapet bisa diganti nggak?
    trus resep itu jadi erapa biji?