4.04.2009

Bolu Kukus Pelangi (Putih Telur)



"Memanfaatkan putih telur yang banyak banget. Googling, dapet resepnya dari Ibu Tio di sini. Enak deh, lembuut..."

Resepnya sedikit dimodifikasi, untuk menyesuaikan dengan lidah.

Bahan :
500 ml putih telur
325 gr gula pasir --> aku pake 250 gr
1 sm cake emulsifier
1/2 st garam
100 ml susu cair
50 gr mentega cair
1 st baking powder
250 gr tepung terigu --> aku pake 200 gr
25 gr susu bubuk
25 gr tepung maizena --> tambahan bahan dari aku
1 st pasta strawberry
1 st pasta lemon --> nggak pake
1 st pasta mocca
1 st pasta pandan
1 sdt vanilla essence --> tambahan bahan dari aku

Cara membuat :
1. Kocok putih telur, gula, emulsifier, dan garam hingga kental.
2. Ayak tepung terigu, susu, tepung maizena, dan baking powder.
3. Campur susu cair dengan mentega leleh.
4. Masukkan campuran terigu ke dalam kocokan putih telur, aduk rata.
5. Tuang campuran susu, aduk rata, bagi adonan menjadi 4 bagian.
6. Beri masing - masing adonan dengan macam-macam pasta.
7. Tuang adonan selapis-selapis ke dalam loyang ukuran 20x20 yang dialasi kertas roti dan diolesi margarine.
8. Kukus tiap lapisnya selama 7 menit, angkat, keluarkan dari loyang, dinginkan

13 comments:

  • Rosy says:
    07 April, 2009 22:27

    waah ke sini di suguhi bolkus paporitku...tak contek resenya yo mbak...

  • Erique Fat Owl says:
    16 April, 2009 05:12

    WoWW perfect sekali bolu-nya mbak...looks awesome!!

  • Anne Vijaya says:
    20 April, 2009 12:41

    Cantik sekali Ne..sukses..

  • Anonymous says:
    29 May, 2009 21:14

    mba Inev.. mo tanya.. itu ngukusnya 7 menit adonan lapis pertama, lalu baru masukkan lagi lapis berikutnya etc diatasnya? gitu ya?? atau gimana?
    maaf nanyanya ala orang awam nih..

  • .:diah:. says:
    05 July, 2009 14:55

    iyah Mbak, masing2 adonan dikukus slama 7menit?? maksdnya? dipisah gitu kah? atau ditumpuk, waahh gk angus apa yg paling bawah itu karena klamaannya ;)

    thanks y Mbak :)

  • Ine Sena says:
    05 July, 2009 15:12

    lah... ini dikukus lho... selama airnya nggak habis ya nggak akan gosong bukan...? :P *binun*
    bikinnya ya spt kue lapis, lapis pertama, lalu lapis berikutnya nimpa lapisan sebelumnya, dst.
    sebaiknya dicoba dulu aja, ok..?:D

  • ummurifqi says:
    05 November, 2009 14:55

    woww...
    bikin ngiler aja gambar2nya....

    nyoba yang ini ah..

  • cs says:
    10 February, 2010 13:29

    Wah mbak melihat bentuknya aja udah menggoda selera, musti dicoba nih

  • Monika says:
    07 April, 2010 05:32

    Halo salam kenal,
    Photonya bagus betul, bolunya pasti di jamin enak.
    Aku sudah coba nih, mau tanya kok punyaku yang tengah jadinya lembek ya? padahal sudah cantik dan enak pinggirnya dan waktu di test sudah bersih juga tusuknya. Menurut mbak apa yang salah. Kukusan kurang panas ato kurang lama, kebanyakan emulsifier gitu (pake emulsifier ato cream tartar???) habis kukus yang lapisan berikutnya apalagi terakhir bolongannya tambah banyak :p Kalo mau lebih padat yang dikurangi/ditambah apa ya?
    makasih ya mbak.
    kalo sempat cepat balas ya mbak, mau bikin buat kue ultah anakku nih minggu depan

  • ine sena says:
    07 April, 2010 06:08

    hi monika,
    weleh... kenapa lembek ya tengahnya? tutup dandangnya sudah dilapis serbet? mungkin ketetesan air dari situ.

  • Monika says:
    07 April, 2010 13:32

    sudah aku tutup serbet kok. jadinya moist banget, ga padat. Tambah hari tambah moist. mestinya kaya apa sih texturenya? kaya bolu kukus biasa? Kalo kepikiran lagi kenapa kasihtahu ya. biar ga coba2 terus bisa gendut deh makan kue sisa hehehe...

  • sylvie says:
    19 October, 2010 08:38

    wah bolunya cantik ya pasti enah nih,jadi pengennnn....

  • Anonymous says:
    31 December, 2011 17:24

    Selain pake putih telur,bisa Ъќ pake telur utuh ‎​ϑαπ brp pemakaian telur πÿα.mks