10.07.2006

Banana Cake


"buat para pengemar banana cake, resep ini patut banget untuk dicoba. hasilnya sangat lembut dan bila sudah dingin rasanya malah tambah eksotis... penasaran? buruan bikin..."
sumber : Yasa Boga "Bolu dan Cake"

bahan :
150 gr mentega (kalo aku campur margarin)
175 gr gula bubuk
4 butir kuning telur
4 butir putih telur
3 buah pisang ambon/medan/barangan/cavendish, lumatkan dan campur dengan 1 sdm air jeruk nipis (kalo aku pake pisang cavendish)

campur dan ayak :
225 gr tepung terigu segitiga
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue

cara membuat :
- siapkan loyang bulat dia 24 cm atau kotak 22x22x6 cm, olesi dengan margarin, alasi dasarnya dengan kertas roti, olesi lagi dengan margarin.
- kocok mentega dan gula bubuk hingga lembut, masukkan kuning telur satu per satu sambil dikocok sampai putih mengembang.
- masukkan bergantian campuran bahan kering dan pisang, aduk perlahan. sementara itu, pasang standing mikser untuk ngocok putih telur hingga kaku.
- masukkan putih telur ke dalam adonan tadi, aduk rata.
- tuang ke dalam loyang, ratakan. panggang kurleb 50 menit (aku 40') dengan suhu 175oC.

27 comments:

  • Inayah says:
    10 October, 2006 10:20

    liat resep yang ini langsung kepingin bikin, tapi pisang disini lagi muahal banget...

    salam kenal ya mbak, boleh gak aku baca-baca + link...?

  • Anonymous says:
    20 July, 2007 14:03

    mbak, resepnya sudah sy coba berkali2. hasilnya enuakkk dan klg suka. terima kasih banget ya :)

  • Anonymous says:
    09 October, 2008 08:27

    Bosen dengan resep banana cake yang udah-udah, kemaren surfing cari resep yang baru.
    Ketemu resepnya mbak, langsung saya coba deh.
    Emang lebih repot bikinnya, tapi setimpal dengan rasanya ..
    Enak mbak!
    Makasih yah :)

  • Unknown says:
    02 February, 2009 13:50

    mbak... kemarin aku nyoba resep ini, tapi hiks... kenapa aku kok bantet ya hasilnya, nggak ngembang kaya yang di gambar mbak ine.., apa yang salah ya? tapi rasanya sih enaak... cuma tampilannya gak menawan, he..he.., aku baru kali ini sih bikin cake.., cuma modal nekat doang.. thanks banyak ya mbak...

  • Anonymous says:
    02 February, 2009 14:47

    nu', versi yg ini emang rada2 tricky bikinnya. karena kuning dan putih telur dipisah prosesnya. kalo masih mau coba lagi ya, lebih hati2 dan sabar... :)

  • Oryza says:
    18 July, 2009 12:36

    mbak, aku juga udah nyoba resepnya. Pertama kali nyoba juga bantet, coz apinya kegedean..yang kedua kali nyoba alhamdulillah berhasil tapi aku pakenya pisang ambon...yang ketiga kalinya aku nyoba pake cavendish eh..kok bantet lagi ya..hiks hiks...tapi rasanya eunakk kok mbak..suamiku aja seneng, makasih ya mbak :)

  • fitri says:
    27 July, 2009 11:49

    Mba, ijin copy resepnya yah...fitri

  • Princess Panda says:
    07 September, 2009 17:53

    Kalo banana cake yang dijual, koq kaya ada marbling coklat gitu ya ?
    gimana caranya ?

  • Inev says:
    07 September, 2009 18:20

    diana, sebetulnya bisa dicoba dgn mengambil sedikit adonan lalu tambahkan adonan ini dgn pasta coklat. lalu dikerjakan seperti membuat marmer cake waktu menuangkan adonan ke loyang.

  • Anonymous says:
    02 November, 2009 13:06

    Mbak...mo tanya.....

    Diresep di tulis
    150 gr mentega (kalo aku campur margarin)

    kirA2x berapa ya mbak perbandingannya....antara mentega dan margarinnya

    Trimakasih

  • Anonymous says:
    20 November, 2009 12:13

    resepnya oke banget tuh
    dah dicobain ....tapi gue campur dengan pasta coklat sedikit dan dibuat pola marmer,,,thx banget ya mbak :)

  • alwayS Ri2N says:
    22 December, 2009 18:11

    mbak..aku uda nyobain buat, hasilnya enak banget, tapi kok ga seperti yang difoto mbak yah??
    hehehe
    kalo ada waktu mampir ke bblog aku yah...
    oiya mbak, ijin pasang resepnya di blog aku yah..

  • Anonymous says:
    24 September, 2010 10:08

    mbak aku mo nyoba nih, tapi kalo pisangnya diblender bisa nggak???
    (dari ayu di bandung)

  • RIKA says:
    12 October, 2010 12:38

    mba...aku dah nyoba resepnya...enaaaak bgt....bener2 lembut dan nggak bantat....ini baru pertama kalinya aku bikin kue...jadi semangat bt resep selanjutnya....hehe....thanks ya...ditunggu loh resep selanjutnya...klo bisa sih cake keraton...ktnya enak tuh....

  • yulie says:
    17 December, 2010 10:08

    Mba, makasiiih bgt udah share resepnya :)
    Baru tumben bikin kue yg bikin anakku sampe ketagihan he he he
    Aku juga tambahin coklat di resepnya.

  • Anonymous says:
    11 January, 2011 08:20

    mb ine aq ijin pk resepnya yach buat bikin PR LBT..d Facebook...terimakasih sebelumnya...salam kenal..:D

  • dessy says:
    27 February, 2011 13:48

    Mba,...thanks bgt neh,resep banana cake-nya uennaaaakk!sampe ketagihan.....sukses ya!

  • Neng Ella says:
    21 May, 2011 20:53

    Mbak, pertama bikin, aku sukses banget. Sangat moist. Orang serumah dan sekantor suka. Karena aku langsung bikin dua loyang. Kedua kali bikin, sukses juga...bantetnya :-( . Duhh...apa yang salah ya...perasaan caranya sama.

  • me says:
    25 May, 2011 22:51

    ada yg missed aja mungkin mbak... adonan mentega+kuning telurnya harus cukup mengembang (fluffy) sehingga konsistensinya bagus ketika diaduk dg putih telur kocok. mungkin lho ya... tp bisa jg karena hal lain. cuma yg tricky biasanya di situ.

  • elvania says:
    04 June, 2011 15:23

    mbak, saya hari ini bikin dan jadinya persis seperti di foto :) dan rasanya enak. cakenya mengembang sempurna, saya pakai 5 buah pisang ambon, dan mengocok mentega dan gulanya pake tangan tanpa bantuan mixer

  • rina hindarto says:
    21 July, 2011 14:23

    salam kenal mbak....
    kalo cake pisang yg pake pisang raja ada nggak mbak? soale kelg lbh suka pisang raja drpd pisang ambon/cavendish.
    resep ini kalo dicampur keju enak juga kan mbak?
    terima kasih....

  • Anonymous says:
    27 December, 2012 13:58

    salam kenal mbak,

    ijin copas resepnya yah, kyaknya enak bgt tuh, krn basic cakenya aku pernah terapkan utk membuat chesse cake, dan rasanya jg yummy bgt. nahh kalo yg ini aku jg mau coba..

    tks bfore,
    Yani

  • vtree says:
    26 June, 2013 19:37

    Cari resep banana cake yg simple dan to the point, dapet ini dan langsung dicoba. Hasilnya enakkkk bangeeett dan lembuuutt...makasi banget ya,mbak..kapan2 kalo says nge-blog boleh di-link ya...

  • Daily health tips says:
    01 August, 2013 17:34

    This cake, it looks like a very tasty with bananas as an ingredient. as we know, Bananas has many benefits. Bananas also contain vitamin C. One medium banana contains about 10 mg vitamin C, equivalent to 15% of the recommended daily requirement. Vitamin C works to improve the health of cells, helps the absorption of nutrients in food, and boost immunity. If you want to know benefit of banana please visited : Benefits of the banana

  • Anonymous says:
    18 December, 2013 04:50

    Mba,pisangnya klo pke ukuran gram brp gram ya?soalnya aku pny pisang ambon, tp kcil2....

  • grassy-green says:
    30 March, 2014 23:48

    Halo Mbak Inev.. aku lagi browsing banana cake untuk di-eksekusi dan nemu resep ini. Mau tanya, kocok putih telur sampai kaku, artinya sampai jambul petruk atau cukup soft peak saja..? Aku masih newbie di dunia baking.. :) Terima kasih