1.02.2007

Lapis Legit



"Dalam rangka menghabiskan stock telor yg cukup banyak sebelum pergi plesiran, maka dengan nekat nyobain bikin lapis legit. tantangannya cukup besar, karna telor yg dipake banyak banget, mana kuningnya doang. setelah pusing liat resep sana sini, pilihan jatuh pada resep Dyah di KL yg pake telor cuma 18 butir. biar kate persediaan telor banyak, tapi tetep nggak mau ngambil resiko gagal. jadinya pake resep yg pake telor sedikit dulu. alhamdulillah bangeeet ternyata berhasil. sekarang bisa bilang deh : bikin lapis legit...?! siapa takuuut..."

rasanya enak banget. hanya masih nggak ngerti kenapa jadinya berminyak. mungkin karena diolesi butter ya tiap lapisnya. ato mungkin karna sempet terjadi accident waktu lagi manggangnya. oven ku tiba2 mati di tengah jalan, setelah nunggu beberapa menit, terpaksa deh ngetok tetangga bwt nebeng manggang. hehehe... maap ya Oma, gangguin pagi-pagi... but no matter lah, langsung ludes soalnya.... hihihi...

sumber : Dyah di KL (thanks ya mbak...)

untuk ukuran loyang :
loyang mangkuk 20 cm (atas) 14 cm bawah
loyang persegi 18x18 = 1 1/4 resep
loyang persegi 20x20 = 1 1/2 resep
loyang persegi 22x22 = 2 resep

adonan telur ( telur harus temperatur ruangan ) :
18 butir kuning telur
180 gr gula bubuk,ayak
1 st vanila extrak

adonan mentega :
180 gr mentega tawar/butter
180 gram margarin
2 sdm susu kental manis
* lebih mantap bila semua pakai butter. merk president atau anchor.

adonan tepung (ayak)
60 gr tepung terigu sedang(cap segitiga)
2 st bumbu spekuk

olesan butter (pakai wysman biar mantep) kira2 bisa butuh 100 gr

persiapan :
- olesi loyang dengan kertas roti 2 lapis (dobel). sisi di olesi mentega dan tepung
- kertas roti seukuran loyang atau kurang, utk meratakan warna kematangan kue lapis
- panaskan oven api bawah 200

cara membuat :
- kocok adonan mentega sampai mengembang
- kocok adonan telur, terpisah dg mentega
- campur mentega kocok dengan telur dengan cara aduk balik.
- campur terigu sedikit2 dengan cara aduk balik.

cara memanggang :
- masukan 2 sendok makan munjung adonan, ratakan diatas loyang.
- masukkan ke oven, sampai adonan kecoklatan. keluarkan oleskan dengan mentega kira2 1/2 sm,pakai kuas. tekan permukaan kue dengan penekan kue lapis.* jangan terlampau pelit dalam mengoleskan mentega karena hasilnya kue lapis bisa kering.
- nyalakan oven dengan api atas.
- oleskan 2 sm adonan lagi, ratakan. masukkan oven sampai lapisan atas kecoklatan.* kira2 5 - 10 menit. bila sdh lebih 10 menit, terlihat permukaan masih putih artinya api kurang panas.* kadang kala terjadi pada permukaan kue lapis warna coklat tidak rata. Bila hal tsb terjadi maka tutupi bagian yg sdh coklat dengan kertas roti. dan kembali masukkan ke oven sampai bagian putih berwarna coklat. Jangan dibiarkan karena warna coklat matang itu yg membentuk lapisan coklat pada kue lapis.
- lapisan ke 3 sampai seterusnya sama caranya.
- bila sudah selesai, test kematangan dengan cara test tusuk, bila masih ada yg basah, gunakan api bawah untuk mematangkan. kira2 15 menit.
- setelah matang, dinginkan di atas rak kue.

tips tambahan dari aku :
supaya mudah dalam pengerjaan tiap lapisnya, masukkan adonan dalam piping bag, buat lubang diameter kurleb 7 mm. semprotkan adonan secara merata di dalam loyang. mudah bukan...?

9 comments:

  • Ellen Antheunis says:
    04 January, 2007 23:28

    Hiya Ine,
    Lapis legit memang hrs berminyak baru enak. Kalo kering ya kayak bolu biasa dan agak seret di leher. Aku ada sih resep yg irit telur..ntar ya. Soalnya dah lama banget gak bikin sejak msh kuliah dulu. lengkap deh ama mascovisnya jg.

  • Dhonatneth says:
    14 January, 2007 14:35

    mantappp bu... **thumb up**... happy new year ya... mau jalan kemana neh? ikut dong... :)

  • Anonymous says:
    26 February, 2007 17:46

    Salam kenal,

    Saya Rainy, kemarin coba ikuti resep ini. Tapi kenapa jadinya tipis sekali tiap lapisannya ya? Rasanya sih ok, tapi tidak trlalu legit and cenderung padat. Saya memang baru pernah buat lapis legit dan juga tidak terlalu mahir bikin kue...hehe. Tapi penasaran saja karena kelihatannya tidak berpotensi bantat, tapi jadinya padat juga....

  • Inev says:
    27 February, 2007 04:00

    halu mbak Rainy. wuaa, sayangnya saya kurang menguasai untuk memahami penyebab kegagalan kuenya. tapi saya punya tips bikin lapis legit. kalu ada emailnya mbak Rainy bisa saya kirimkan nanti. ditunggu ya emailnya..:)

  • Pamela Ariani says:
    05 May, 2008 17:10

    Hallo Mbak Ine,

    Saya pamela, kemarin saya juga coba buat lapis legit. Tapi jadinya bantat banget dan minyaknya keluar semua. Kira-kira kenapa ya?Saya dari awal pakai api atas terus. Apakah harus pakai api bawah juga?kalau iya, proporsinya gimana?kasih saran yah..email saya di miss_pamela82@yahoo.com..Thanks!!

  • Fenny says:
    20 February, 2009 06:50

    Mbak....Salam kenal .kok bs bikin Lapis legit begitu cantik ya......mulus, halus.....ckckckkcck.....hebat.
    Kemarin setelah melihat resepnya P' Hadi Tuwendi, sy penasaran dan pengen bgt buatnya. Alhasil, kemarin bikin, tp bantat dan gosong. krn aku lihat wkt baking kurang coklat, so aku bakingnya lamaan.....bisa sampe 30 mnt....trus lapisan gosongnya sampe seberapa gosong? trus kl mo taruh adonan diatasnya, apakah adonan stlh keluar dr oven, tunggu dingin dl, baru ditaruh adonan baru lg? Bagi tipsnya donk, mbak. Plzzzz.....

  • Unknown says:
    28 January, 2011 17:10

    Hai Ine, ya ampun, saya mau minta maaf nih, sudah post comment 4 th lalu terus ga periksa2 lagi.. mau bikin lg baru deh cari resep lg, eh koq ada namaku disebut...kacau deh kl gaptek spt aku... eniwei, kl masih boleh, tipsnya tolong di imel ke rsetiawaty@gmail.com..Terima kasih banyak ya...

  • Anonymous says:
    22 July, 2011 17:20

    Kalo ga berminyak namanya bukan lapis legit donk....!!!!
    heheheheheh...

  • jeanette says:
    30 November, 2011 16:17

    bakal coba bikin ntar malem ah. thanks buat resepnya ya :)