1.26.2007

Bandeng Presto



"Beberapa waktu yll sempet didiskusiin di milis. Kok ya masih penasaran juga, padahal dulu pernah bikin tapi kurang memuaskan karna teksturnya yang masih basah, nggak seperti bandeng presto yang dijual itu. Jalan-jalan googling resep bandeng presto, dapet deh kuncinya (dari detikfood). Yaitu penggunaan ragi. Ragi yang dipake adalah ragi tape, tapi kayaknya siy kalo diganti ragi instant juga bisa. Soalnya kalo bikin pepes ikan mas pakenya ragi instant, hasilnya daging ikan jadi bertekstur 'garing'. Kok ya baru nyadar. Hehe... biasalah, suka tulalit...[-)"

bahan :
1 kg ikan bandeng segar, siangi sisiknya, kalau nggak muat di panci presto dipotong-potong
1 buah jeruk nipis, peras airnya
1 sdm ragi tape
10 siung bawang putih
5 cm kunyit
3 cm jahe
2 sdm garam
1 sdt gula pasir
6 batang sereh, geprek
6 lembar daun salam
10 cm lengkuas, potong-potong, geprek
daun pisang untuk mengukus
1 butir telur untuk menggoreng, jika suka

cara membuat :
- haluskan bawang putih, kunyit, jahe, garam, dan gula pasir.
- baluri ikan dengan air jeruk nipis, ragi tape, dan bumbu halus, diamkan kurang lebih 2 jam dalam kulkas.
- siapkan panci presto, isi air dengan tinggi kurang dari tinggi saringan kukusannya.
- letakkan berurutan : daun pisang, daun salam, sereh-lengkuas, ikan bandeng, daun pisang, daun salam, sereh-lengkuas, ikan bandeng, terakhir tutup dengan daun pisang.
- nyalakan api kompor hingga panci mendesis, kecilkan api, biarkan mendesis hingga 30 menit. matikan api, tunggu hingga katup uap turun. Buka panci, isi kembali air, presto lagi 30 menit. dinginkan.
- jika akan dihidangkan, celupkan dahulu ke dalam kocokan telur, goreng hingga kecoklatan.

5 comments:

  • desi says:
    31 January, 2007 14:27

    Assalamu'alaikum,
    Mbak Ine, salam kenal. Kebetulan juga baru nyoba bikin bandeng presto, tapi hasilnya nggak memuaskan. Nemu resepnya detik juga, tp krn pake ragi tape jadi nggak dicoba. Ternyata bisa juga yaa pake ragi instan. Ma kasih yaa sharingnya. Jadi pingin coba lagi.

  • de Rakyans says:
    16 September, 2008 13:17

    mba ine lam kbb..baru mapir nih, mba pengen nyoba bandeng prestonya tapi panci prestoku gak ada yang buat ngukusnya gimana ya? any idea? ma'acih yaa..lina

  • Ine Sena says:
    16 September, 2008 14:04

    alo mb... umm, kalo nggak salah suka ada yg jual alas kukusan di toko2 perabot gitu mb. bentuknya bisa dilipet spt kelopak bunga (duh, susah jelasinnya), jadi bisa disesuaikan dengan ukuran pancinya. mau coba hunting?

  • dyah yosep says:
    24 March, 2009 22:26

    Teh Ine,
    makasih resepnya.. segera mau kupraktekkan! (baru dapet bandeng :)

  • Anonymous says:
    28 January, 2010 02:04

    Mbak, raginya tuh pake fermipan ya?
    Terima kasih