1.16.2007

Mie Celor Palembang






"Sumpeh seumur-umur nggak pernah bikin ini. Ngerasainnya juga cuma dua kali, duluuu jaman di jepun waktu pengajian di rumah mbak Nining (inget nggak Dew? - bunda Faikar, red), sama waktu bazaar 17-an di sini. Halah... jauh pisan.... hahaha.... jadina sms-an dulu sama teh Belly yg lagi pelesiran ke Bandung. Lah, apa hubungannya...? Soalnya doski emang gape bikin masakan Palembang, secara kami senasib berswamikan keturunan Sriwijaya, cie... Udah gitu smsnya ngilang kehapus... euleuh euleuh, punten nya teh... hihihi... jadina nebak2 aja, bisi ditakol kalo nanya lagi nanya lagi.... huehehe... tapinaaa jadi juga lho... en enaaaaak... nuhun pisan teh...;)"

bahan :
20 ekor udang ukuran sedang potong kasar (kulitnya jgn dibuang buat bikin kaldu)
1 sdm ebi kering, rendam air hangat
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
100 ml santan kental instant
2 sdt kecap asin
1/4 sdt lada bubuk
2 sdt garam
2 sdt gula pasir
minyak goreng untuk menumis
4 sdm tepung terigu, larutkan dengan air secukupnya

bahan pelengkap :
mie telur kering seduh dengan air mendidih
tauge, seduh
daun bawang dan seledri, iris halus
telur rebus
sambal rawit rebus

cara membuat :
- haluskan bawang merah, bawang putih, dan ebi. tumis hingga harum, masukkan udang, tumis hingga udang berubah warna.
- masukkan kaldu udang dan santan kental, aduk rata dan didihkan. (jumlah air kaldunya dikira-kira aja ya)
- bubuhi bumbu dan larutan tepung terigu, aduk hingga mengental.
- susun mie telur, tauge, dan telur rebus dalam mangkuk, siram dengan kuahnya, taburi dengan daun bawang dan seledri.

5 comments:

  • tommy says:
    27 January, 2007 18:24

    ..memang tuk masuk diblog ini lamooo niaan nungguinnya, gara2 ngeliatin blog ini jadi kepengen lagi nyantap mie celor, jadi inget masih kecik 22 ilir..he..he..he

  • palembangcity says:
    07 June, 2008 17:55

    lapar euy...

  • Cak is says:
    21 March, 2009 16:26

    mantap..
    walaupun makanan ini asli palembang, tapi saya mengenalnya justru di Jambi. Biasanya dimakan waktu sarapan.
    Khasnya di kuah santan dan kaldu udangnya

  • korlena says:
    01 October, 2010 09:54

    makasih ya untuk resepnya.
    hari ini saya sdh mencoba membuat mie celor.
    hasilnya sukses.... rasanya mirip bener dengan mie celor 26 Ilir.
    makasih lagi ya... :-)

  • Dvt says:
    30 August, 2012 02:01

    Aku Kerja di resto di prancis nanti hari sabtu Aku Mau coba resep ini untuk di resto....thanks btw rsepnya.