10.05.2011

Sop Ikan


"Demen sop ini sejak lama, tapi nggak pernah dapet yang pas bumbunya, bener-bener penasaran soalnya semua bumbunya pasti dicemplungin. Kebetulan beberapa waktu yll lihat acara tv, demo-in masakan ini yang resepnya didapat dari sebuah rumah makan. Entah di mana gw lupa, pokoke di Banten, Serang apa Cilegon gitu deh... duh, rasanya seger banget, makasih ya Bu  Haji... (pemilik restoran, lupa juga nama restoranya apa. Hadehh...)"


Bahan :
500 gr daging+tulang ikan kakap segar, potong-potong kotak besar (aslinya menggunakan ikan kuwe)
1.5 lt air
2 sdm dashi (kaldu ikan bubuk)


Bumbu I :
4 siung bawang putih, geprek
2 cm jahe, geprek
2 batang sereh, geprek
2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
1 sdm garam
1/2 sdt lada bubuk


Bumbu II :
1/2 buah bawang bombay, iris kasar
1 buah tomat hijau, potong kasar (gw pake tomat merah)
10 buah cabe rawit hijau
3 batang daung bawang, iris kasar


Cara membuat :
- bersihkan ikan, lumuri dengan air perasan jeruk nipis, sisihkan.
- didihkan air dan dashi, lalu masukkan Bumbu I dan ikan. 
- masak hingga mendidih kurang lebih 5 menit hingga ikan matang, lalu masukkan Bumbu II.
- didihkan sebentar, siap dihidangkan.

4 comments:

  • Rita Sella says:
    31 October, 2011 05:05

    segernya ne... dimakan saat udara dingin pas, cuaca panas juga pas.. apa kabar ine ?

  • devinilasari.multiply.com says:
    23 April, 2012 15:25

    mbak Dashi beli dimana ya?
    kalo tidak punya Dashi apakah ada penggantinya?

  • me says:
    23 April, 2012 20:52

    @devi, beli di supermarket yg jual bahan makanan jepang mba...

    @rita, maap baru bales mak... kabar baiiik...:D hehehe...

  • Anonymous says:
    02 April, 2013 11:10

    if you don't mind, send me this recipe please.. :)


    Elli,
    elli_lagi@yahoo.com