5.23.2006

Tekwan

Photobucket - Video and Image Hosting


"Hmm.... ini dia resep tekwan... untuk mempermudah cara pembuatannya, pengolahan biji tekwan aku buat 2 versi, yg memakai alat food processor dan yg menggunakan grinder (pasangan blender yg gelas kecil). ini berlaku juga pada pembuatan mpekmpek, otak-otak, dan adaan di posting-posting sebelumnya..."

bahan biji tekwan :
200 gr daging ikan tenggiri (dingin)
2 siung bawang putih, parut halus
1 sdt garam
3 sdt gula pasir
1 blok kaldu ayam instant
200 ml air dingin
150 gr tepung sagu ato tapioka
1 batang daun bawang (spring onion, ngikutin jeng Liyah.. :) ), iris halus

bahan kaldu :
kulit dan kepala udang yg diambil dari 250 gr udang
10 ekor udang kupas, cincang kasar
1/2 buah bawang bombay, ukuran sedang
5 siung bawang putih
1/4 sdt minyak wijen (biar ga amis kuahnya)
10-20 bunga sedap malam kering (tgtg selera), rendam air hangat, setelah lemas, simpulkan, potong pangkal bunganya (bagian ini suka keras)
4 buah jamur kuping (yg besar yaa), seduh dengan air mendidih, setelah mekar cuci bersih2, iris/potong2 sesuai selera
1 buah bengkuang seukuran buah apel, kupas, potong korek api
2 blok kaldu ayam instant
2 sdt garam
2 sdt gula
1/2 sdt lada halus
air secukupnya
soun, seduh dengan air mendidih
seledri cincang

cara membuat biji tekwan :
- versi food processor :
siapkan panci berisi air yg banyak, didihkan. haluskan/proses daging ikan tenggiri, bumbu2 serta 50 ml air hingga adonan menggumpal. masukkan sisa air, proses lagi hingga tercampur rata. masukkan tepung sagu ato tapioka sekaligus, proses lagi hingga tercampur rata. pindahkan ke wadah lain, masukkan daun bawang, aduk rata. bentuk bulat adonan menggunakan 2 buah sendok teh. kalo ga sabar kepingin cepet, genggam aja adonannya pake tangan kiri, remas adonan hingga keluar dari lubang antara jari jempol dan telunjuk, potong dengan sendok langsung jatuhkan ke dalam air mendidih. rebus hingga matang (mengapung), angkat, dan tiriskan.
- versi grinder :
masukkan urutan bahan di atas dari daging ikan sampai air (semuanya) ke dalam gelas grinder. kalo kepenuhan, bisa dibagi dua dulu adonannya. haluskan. pindahkan ke wadah lain, masukkan tepung sagu ato tapioka sekaligus, aduk menggunakan spatula hingga rata. terakhir masukkan daun bawang, aduk rata. rebus dengan cara yg sama spt di atas.

cara membuat kuah tekwan :
- buat air kaldu dengan merebus kulit dan kepala udang kurleb 1 jam dengan api sedang. tambahkan lagi air secukupnya, didihkan sekali lagi, lalu saring.
- haluskan bawang putih dan bawang bombay (aku halusin aja biar ga berantakan kuahnya nanti). tumis hingga kekuningan dan harum, masukkan minyak wijen dan udang, tumis hingga udang berubah warna. masukkan bunga sedap malam dan jamur kuping. aduk rata.
- masukkan tumisan ke dalam kaldu. masukkan juga bengkuang dan biji tekwan, masak hingga bengkuang lunak.
- hidangkan dengan soun dan taburan seledri cincang.
- kalu mau pedesh, siapin sambal rebusnya yaaa.... :)

6 comments:

  • Desita Eka says:
    15 June, 2007 07:28

    Thanks yaa resep tekwannyaa..Mantaappp, enakkk...Jadi pingin bikin lagi..:-)
    Oh,ya ijin ngelink boleh?

  • Tia says:
    27 December, 2008 00:04

    wah ada juga yah mba resep tekwannya...
    pasti maknyus niih rasanya...
    kalo bole share,resepnya aku adonan ikannya pake ikan gabus sama tenggiri takarannya kalo 1 kg ikan gabusnya 700gr tenggiri nya 300gr
    Biar ga amis soalnya kalo tenggiri semua suka agak bau amis terus dicampur ikan gabus soalnya ga ada yg bisa ngalahin resep pempek yg pake ikannya gabus...
    Tapi mungkin selain di Palembang aga susah yah nyari ikannya..:)
    btw thanks byk yah mba...
    aku banyak dapet info nih disini...
    mana mantep2 pula resepnya...
    salam kenal yah mba...
    Tia

  • Ririen Klind says:
    05 March, 2010 09:40

    Teh Ine, aku juga nyobain resep tekwannya yg ini... cuma udangnya aku masukkin semua... tapi aku kok kuahnya orange gitu ya, gak bening kayak teh Ine, soalnya dari udangnya teh... cuma apa kebanyakan ya? trus rasanya jadi agak manis, padahal aku gak pake gula kok, kayaknya dari udangnya deh... tapi teteup enak... biji tekwannya enak kayak somay... hehehehe... thanks teh... nanti tiap resep teteh yg aku coba aku posting comment deh... ;)

  • meinekueche says:
    11 December, 2010 19:05

    haluw mbaaa....ijin copy resep mba ya....makasi ya mba atas resep dann tips2nya

  • Anonymous says:
    24 December, 2010 14:50

    makasi resep tekwannya, jelas n lengkap.. mau langsung coba hehe

  • Mister Tekwan says:
    12 April, 2013 17:08

    Waahh asikk assikk... keluarga besar pecinta tekwan ternyata tersebar dari sabang sampai merauke..