1.07.2006

Otak-Otak


"naaah... makanan ini termasuk salah satu kegemaran keluarga. kalo udah bikin ini, pasti anak-anak bolak balik meja makan n ayahnya betah nongkrongin tu otak-otak sampe habis.... :)"


bahan :
150 - 200 gr daging ikan tenggiri
200 ml air+putih telur+santan (kalo ga ada putih telur, air+santan doang juga ga masalah)
100 gr tepung sagu
1 siung bawang putih, haluskan/parut halus
1 sdt garam
2 sdt gula pasir
bawang daun, iris halus
daun pisang untuk membungkus

bahan saus :
75 gr kacang tanah goreng
4 butir kemiri, sangrai
3 buah cabe merah keriting
1 siung bawang putih
1 sdt cuka masak
1 sdt garam
2 sdm gula pasir
200 ml air

cara membuat :
- proses daging ikan tenggiri bersama sebagian campuran cairan+bawang putih+garam+gula dalam food processor hingga menggumpal.
- masukkan sisa cairan, proses sebentar, lalu masukkan tepung sagu, proses lagi hingga semua tercampur rata. (adonan berbentuk pasta yg lembek)
- pindahkan adonan ke wadah lain, masukkan bawang daun, aduk rata
- siapkan daun pisang, isi dengan 1 sdm adonan, bungkus, dan semat ujung-ujungnya.
- bakar dengan api kecil supaya matang ke dalam. cirinya matang, otak-otak menggembung.
- saus : haluskan semua bahan, didihkan dengan api kecil hingga berminyak.
- hidangkan otak-otak bersama sausnya... hmmmm....

7 comments:

  • poetry01 says:
    04 May, 2006 14:56

    Mba,

    kalo bakarnya di kompro, langsung diatas api atau pakai teflon panggangan yang biasa buat panggang daging burget itu?

  • poetry01 says:
    04 May, 2006 14:58

    Mba,

    kalo bakarnya di kompro, langsung diatas api atau pakai teflon panggangan yang biasa buat panggang daging burget itu?

  • ine says:
    04 May, 2006 16:14

    hi poet... :) kalo aku langsung di atas api. tapi kalo mau di teflon juga bole2 aja say... ga ada yg marahin ko... hehehe...

  • Dian says:
    18 May, 2006 23:26

    Mbak Ine, Food processor itu bentuknya kayak apa sih? Maklum nih, orang baru di dapur, dah gitu tinggal di India...mesti nyari2, experiment di shopping mall sendiri :)
    Makasih ya Mbak...

  • mer says:
    07 July, 2006 01:43

    waduuuuuuh... ngacay niiiiih... otak-otak makanan favorit aku juga. jadi pingin diadopsi jadi anggota keluarga Ine... hehehe.
    jagoan euy, bisa bikin otak2.
    salam kenal, ya... aku tahu2 terdampar disini gara2 menelusuri link2.

  • Anonymous says:
    03 August, 2006 01:39

    hi mbak ine, salam kenal dari swedia.

    ngiler bener liat otak2nya. jadi kepengen bikin tapi gak tau deh daun pisang yg trakhir dibeli kliatannya dah gak ok.

    tx resepnya yach.
    tika

  • valinata says:
    04 September, 2009 10:55

    bisa ga klo pke ikan yang lain??? trz ikan yang lainnya itu apa aja??