2.19.2008

Macaroni Schotel ala Dapoerkoe

"Yang bikin khas macaroni schotel dari dapoerkoe adalah penambahan paprika hijau. Nggak tau datengnya dari mana, pokoke waktu dulu asal cemplung malah hasilnya bikin aroma semakin tajam dan mengundang selera. Yuu'... cobain deeh...b-("

bahan :
200 gr macaroni
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
2 lembar daging asap, potong kotak kecil
1 buah wortel, parut kasar
1 sdt garam
1/2 sdt lada bubuk
1/4 butir paprika hijau, potong kotak kecil
4 butir telur
250 ml susu cair
75 gr keju cheddar, parut

untuk taburan :
keju permesan
keju cheddar parut

cara membuat :
- rebus macaroni dengan garam secukupnya dan minyak goreng hingga matang, tiriskan.
- tumis bawang bombay hingga harum, masukkan wortel dan daging asap, aduk rata.
- masukkan macaroni, paprika hijau, dan keju cheddar parut, aduk rata, lalu matikan api.
- tuang telur dan susu yang telah dikocok lepas, aduk rata.
- tuang ke dalam cetakan/pyrex, taburi dengan keju permesan dan keju cheddar parut.
- panggang dalam oven suhu 180oC hingga matang dan permukaan kecoklatan.

2 comments:

  • galuh ajeng says:
    01 November, 2008 07:49

    mbak . kalu permukaan nya masih berair, tandanya belum matang ya? soalnya saya sudah oven sampe 2 jam loh....

  • ine sena says:
    01 November, 2008 09:52

    waduh, kok lama bener ya...? suhunya kekecilan? ato pake pinggan yg tinggi? biasanya kalo pinggirnya sudah kecoklatan, walo tengahnya masih meletup2 dan kelihatan agak cair sedikit, aku keluarin aja dari oven. nanti kalo suhu mendingin suka jadi keras sendiri bagian tengah ini.