1.30.2009

KBB#9: Classic Puff Pastry (Pate Feuilletee)



KBB#9 - Puff Pastry


Tantangan kali bener-bener bikin gw deg deg serrrr... Puff pastry bo’..! :-SS Blom pernah bikin sama sekali, meski punya beberapa buku resepnya, tapi hanya berani dipelototin doang...:D Mau nggak mau dengan adanya tantangan kali ini, gw harus berani buatnya.

Karena waktunya mepfet sama gw mau ke Manado, jadi udah nggak sempet brosing-brosing cari referensi. Cuma sempet baca-baca diskusi di milis KBB, maka langsung di hari itu kusingsingkan lengan baju, mulai nimbang-nimbang bahan yg ngebingungin takarannya. Oiya, resepnya bisa dilihat di sini ya.


Proses pembuatan dough nggak ada masalah, hanya air yg gw pakai kurang lebih 200 ml dari sekitar 300 ml dalam resep. Menurut resep, garam dilarutkan lebih dahulu dengan air. Gw ngikutin cara ini, sehingga karena air yg gw pakai hanya 2/3 dari resep, maka setelah jadi pastrynya berasa kurang asin. So, anjuranku, aduk garamnya terlebih dahulu bersama tepung terigu, baru masukkan bahan lainnya.


Untuk butternya, kayaknya kelamaan proses di food processor, jadi agak kelembekan.
Pada proses pelipatan pastry, baru turn pertama adonanku udah bocor terutama di bagian ujung-ujungnya. #-o Nggak tau pikiran dari mana, di turn 1 ini gw lipat dengan lipatan double supaya kedua ujungnya jadi di tengah. Maap ya, yg ini jd melenceng dari resep. Baru kemudian di turn yg ke-2 dan selanjutnya gw pake lipatan single sesue petunjuk. Di antara setiap lipatan, adonan puff diistirahatkan dulu di kulkas selama 10 menit.

Oiya, dari yg seharusnya jumlah turn harusnya 6, setelah turn paling akhir, gw melakukan kesalahan. Gw nggak ngikutin petunjuk kalo pastry harus digulung sebelum diistirahatkan kembali di kulkas. Gw simpannya dalam bentuk lipatan single lagi. Dasar emang suka bolot, nggak mikir efeknya kalo lipatannya bakalan berbekas. Yg ini nggak tau juga pikiran dari mana, gw giles lagi deh jadinya. Istirahatinnya di meja kerja aja lagi, biar nggak beresiko. Jadi, total lipatanku ada 7. #-o
Pada proses pembentukan, gw buat jadi 4 macam. Bentuk keranjang kotak untuk diisi ragout ayam, bagian tengah sisanya dikasih topping madu-almond, croissant keju, sama diisi coklat. Proses pembakaran, lancaarrr….

Hasilnya, walo bagian luar nggak terlalu terlihat lapisannya, tapi begitu dipotong bagian dalamnya terlihat lapisan-lapisan yg cantik. Rasanya juga enaak deh, my fave yg diisi ragout ayam. :x Kapan-kapan mau bikin lagi, masih penasaran…….

Dan ini tanda lulusnya...

Makasi banyak untuk Mae dan Rachmah yg sudah jd host kali ini. :-* Foto-foto lainnya bisa dilihat di multiplyku ya....

6 comments:

  • Arfi Binsted says:
    31 January, 2009 09:55

    duuuuuuuh cantik yaaaaaaaaaaaaa

  • Sofie says:
    02 February, 2009 15:42

    mau nyobain yang isi ragout ayam... :D

  • Ayu says:
    02 February, 2009 20:34

    Samaan sama mbak Sofie, mau nyobain yang ragout ayam :D

  • amalia says:
    04 February, 2009 09:55

    bentuknya keren-keren mbak..bisa di tiru nih kapan-kapan..sukses terus ya mbak..

  • Anne Vijaya says:
    05 February, 2009 13:12

    Cantiknya Ne...gue suka banget warna ijo background fotonya..matching pula tuh ama napkin (?) nya..kumaha dunia perjepret-an Ne?

  • eliza says:
    06 February, 2009 06:18

    cantik dan mungil2! iya mungil gak ya? :D