1.25.2009

Creme Caramel

"Sejak dulu cinta banget sama makanan yg satu ini. Udah lama nggak bikin, rada males jg karena suka kuciwa pake resep ini itu yg nggak sesuai yg diharapkan. Dari segi rasa rata-rata okelah, tapi texture masih suka bolong-bolong. Blom lagi caramel yg nempel dengan manisnya di cetakan sewaktu dibalik. Well, kali ini musti jalan-jalan dulu lihat video-nya biar dapet triknya supaya sukses. Video yg menurutku cucok ada di sini. Kalo resep gw rumuskan sendiri. Temukan tips supaya caramel tidak lengket di cetakan.;)"


Bahan karamel :
150 gr gula pasir
50 ml air

Bahan puding :
250 ml susu cair
250 ml whipcream cair
75 gr gula pasir
3 butir telur
3 kuning telur
1/2 sdm vanilla essence

Cetakan : 8 buah aluminium baking cup

Cara membuat :
- Panaskan oven suhu 150oC.
- Karamel : panaskan panci berdasar tebal dengan api sedang, lalu masukkan gula dan air. Jika mulai mendidih, aduk-aduk dengan spatula kayu hingga warna menjadi kecoklatan. Angkat lalu tuangkan ke dalam cetakan, masing-masing kurang lebih 1,5 sdm.
- Masukkan susu, whipcream cair, gula pasir, dan vanilla essence ke dalam panci bekas karamel tadi. Panaskan hingga gula larut. Angkat, dinginkan hingga suhunya lumayan adem.
- Kocok telur menggunakan whisker dalam wadah terpisah. Masukkan 1/3 bagian campuran susu ke dalam kocokan telur, aduk rata. Masukkan campuran ini kembali ke dalam panci berisi campuran susu. Aduk rata lalu saring.
- Tuangkan adonan creme ke dalam cetakan.
- Siapkan pinggan pyrex datar dan lebar, letakkan serbet bersih yg dilipat rapi. Lalu tata cetakan di atasnya. Tuangkan air panas ke dalam pyrex hingga setinggi 1/3 cetakan aluminium.
- Masukkan ke dalam oven, panggang kurang lebih 30 menit.
- Jika permukaan puding sudah solid meskipun permukaannya masih goyang-goyang, itu tandanya sudah matang. Ketika didinginkan puding akan mengeras.
- Saat menghidangkan, supaya caramel tidak menempel di cetakan, panaskan sebentar saja bagian bawah cetakan aluminium. Kalau sudah terasa hangat, dibantu dengan pisau untuk mengikis sisinya, langsung balikkan di atas piring kecil. Karamel akan rontok dengan suksesnya... selamat mencoba...;)

9 comments:

  • Anonymous says:
    26 January, 2009 23:20

    mbak... kok video nya gak bisa di buka sih?

  • nunu says:
    26 January, 2009 23:37

    mbak... kok video nya gak bisa di buka sih?

  • Ine Sena says:
    30 January, 2009 05:10

    nunu, barusan aku coba bisa kok :) cobain lagi yaa... thx udah mampir.

  • nunu says:
    30 January, 2009 09:16

    iya mbak... bisa di buka.. thx ya..., mbak ada resep ulukutek leunca..., mbak ine orang sunda yah?

  • Regina says:
    02 July, 2009 12:57

    ne, kalo pas bikin ini lagi, cobain pakai serbet di bawahnya si mangkuk biar gak langsung nempel di panci yg dipakai sbg bainmarienya. katanya sih biar gak bergolak ria jadinya si teksturnya custard gak bolong2. :)

  • Regina says:
    02 July, 2009 12:58

    hihih maap gak baca dgn lengkap....

    koq masih berongga ya? pas aku bikin waktu itu, mulus banget dalamnya.

  • Regina says:
    02 July, 2009 13:04

    say... kayaknya jangan2 pas nyampur susu ke telurnya. ngaduknya pelan aja asal kecampur biar gak berbuih. soalnya kalau berbuih ntar ada udara yg terperangkap di dalam campuran tsb :)

  • siti says:
    12 November, 2009 14:35

    mba, saya minta izin share copas resep2nya yah, dibawahnya saya cantumin blog mba, biar kalo ada yg liat, bisa cari sumbernya langsung...makasih ya mba, resep2nya bikin ngiler t.u yg kue2 nya.... hehe

  • Prawita says:
    12 February, 2010 09:56

    mbak, salam kenal yah...mow caritau KBB itu apa yah? dan kayaknya ada acara kmpul2 bareng. Gimana cara gabungnya? Karena aq seorang ibu dan istri juga merangkap ibu bekerja tapi pny passion yg gede bwat masak memasak...tenkyu before mbak..