3.31.2010

KBB#16 : LEMON CHIFFON CAKE

KBB#16

kbb16-pic1

"Kali ini tantangan KBB tidak menentukan resep yang harus dibuat, tetapi member bebas memilih resep. Kebetulan gw demen banget chiffon cake, yang paling gw suka yaitu dengan aroma lemon. Gw buat Chiffon Pandan Cake (resep NCC) dulu tadinya, 2 kali (pake insiden 'terjun' segala lagi, hwkwkwk...). Terakhir baru gw modifikasi dengan resep tersebut jadi beraroma lemon. Ini resep yang gw gunakan setelah dimodifikasi untuk mendapatkan rasa dan aroma lemon."


Lemon Chiffon Cake
(modifikasi dari Chiffon Pandan Cake - NCC)

Adonan I
50 g gula pasir
20 g tepung maizena
140 g tepung terigu
1 sdt baking powder
100 ml minyak sayur
100 ml lemonade (jus lemon)
140 g kuning telur (7-8 butir telur)
parutan kulit lemon dari 1 buah lemon

Adonan II
300 ml putih telur (7-8 butir telur)
150 gr gula pasir
½ sdt garam halus
1 sdt air perasan lemon

kbb16bahan


Cara Membuat:
- Panaskan oven 300oF (150oC).
- Adonan I : Campur gula pasir, tepung maizena , tepung terigu, dan baking powder. Lubangi tengahnya, tuang telur di tengah, aduk searah dari arah dalam menggunakan whisk, sambil dituangi minyak sayur dan lemonade. Aduk perlahan hingga adonan menjadi halus. Masukkan parutan kulit lemon, aduk rata.
- Adonan II : Kocok putih telur, gula pasir, garam dan air jeruk lemon hingga puncak tumpul (soft peak).
- Campurkan adonan putih telur ke dalam adonan I, aduk perlahan dengan whisk hingga rata.
- Tuang ke dalam loyang chiffon diameter bawah 20 cm tanpa dioles apa-apa. karena loyang yg gw pake alasnya nggak bisa dilepas, jadi bagian dasar loyang diberi kertas roti supaya tidak susah melepaskannya kalau sudah matang. Panggang kurang lebih 60 menit hingga kue matang dan kokoh (jika ditekan permukaannya kembali membal).
- Keluarkan kue. Panas-panas, balikkan loyang, bisa disangga botol atau disangga kaki-kaki loyang. Biarkan dalam keadaan terbalik hingga dingin.
- Jalankan pisau tipis di sekeliling loyang dengan gerakan lurus.
- Balik kue ke atas rak kawat atau langsung ke piring saji. Potong-potong menggunakan pisau gergaji.

kbb16stepbystep

Lemon Chiffon Cake ini jadinya enak dan empuk, lemonnya terasa banget.
Demikian laporan gw, terimakasih banyak untuk host yang bertugas dan yang sudah berkenan mampir...

kbb16-pic2

5 comments:

  • Nonon says:
    31 March, 2010 11:05

    siiippp

  • Mira Mamanya Rifa says:
    31 March, 2010 17:53

    you're back.. you're back.. uhuuuuy! Suka suka sukaaa... Peyuk peyuk ah.. :D

  • molly says:
    01 April, 2010 01:08

    prabotan lenong udh lengkap Ne.. :D?
    tampak menarik & seger nih si chiffon lemonnya.
    btw insiden naon tah sampe ada yg meluncur segala :D

  • Ine Sena says:
    01 April, 2010 05:03

    @nonon : sengkyu bu host...:P
    @mira : miraaaaa.......aa aaa....
    @molly : blom lengkap sih teh. eta teh meluncur gara2 pake loyang teflon. trus nemu loyang aluminium, betapa leganya...

  • sherry andriani says:
    05 April, 2010 17:40

    looks delicious mbak ine...enakk...hmmm.....slurrpp....