7.16.2010

Asinan Buah



"Demen bener asinan ini, segerrr... Resepnya adopt dari mana-mana, ada yg dari temen (Seira) and my sisters. Gampang banget sebetulnya karena nggak banyak bahannya selain buah-buahan. Hanya saking gampangnya sampai sering nggak pede bikinnya. "

Bahan :
2 lt air
250 gr gula pasir
4 buah cabai merah, buang bijinya
4 buah cabai rawit merah
1 sdt ebi
1/4 sdt garam
1 sdt cuka
1 buah jeruk (yg asem2 dikit), peras airnya
mangga mengkal
bengkuang
nanas
(buah lainnya bisa ditambah sendiri ya, gw demennya 3 itu soalnya)

Cara membuat :
- rebus air dan gula pasir, didihkan kurang lebih 10 menit.
- haluskan cabai merah, cabai rawit merah, dan ebi, masukkan ke dalam rebusan air gula, biarkan mendidih (5 menit).
- potong-potong buah sesuai selera, letakkan dalam wadah (mis. tupperware).
- saring air rebusan gula+cabai, masukkan garam, cuka, dan air jeruk, aduk rata.
- tuangkan ke dalam wadah berisi buah tadi. biarkan hingga dingin, tutup, simpan dalam kulkas selama beberapa jam, siap dinikmati.

2 comments:

  • brambangbawang says:
    18 July, 2010 16:58

    *ngeces liat gambarnya*

    nanya mbak, itu air disiramin ke buah-buahannya masih panas atau udah dingin? maaf ya kalo pertanyaannya basic banget, baru belajar masak nih hihihi...

    makasih mbak...

  • Ine Sena says:
    19 July, 2010 00:04

    panas2 dimasukinnya ya... makasih udah mampir..:)