5.13.2008

Pizza

Photobucket

"Setelah sekian lama baru kali ini kesampean posting ini. Pizza kayaknya siapa aja pasti suka, apalagi anak-anak. Walo kalo mo bikin mesti mengerahkan niad dan tekad bulad, padahal sebetulnya nggak lama bikinnya. Soalnya kadang-kadang kalau lagi kepingin bikin, taunya keju mozarellanya nggak ada. Kalau kejunya lagi ada, taunya gw malah lagi baking blue. Anak-anak gw rada crewet kalo urusan bikin pizza, nggak boleh pake ini nggak boleh pake itu:-S. Pernah beberapa kali bikin toppingnya dimacem-macemin, pas mau dimakan, itu pizzanya udah ancur lebur dipretelin toppingnya. Jadi mau tidak mau disesueken sama kemauan para kurcaci:))"

Photobucket

Pizza Crust
sumber : Sedap Sekejap Online

bahan :
500 gram tepung terigu protein sedang
1/2 sendok teh garam
1 sendok makan ragi instan
250 gram air hangat (aku pake air dingin, soale pake mixer ngadonnya)
2 sendok makan minyak zaitun
* 1 sdm gula pasir tambahan dariku

cara membuat (disesuekan caraku):
- ayak tepung terigu, lalu campurkan dengan garam, ragi instan, dan gula pasir.
- masukkan air dan minyak zaitun, uleni dengan mixer kurang lebih 15 menit.
- kalau adonan terlalu keras, tambahkan air sedikit demi sedikit, setiap penambahan 1 sdm air.
- siapkan baskom untuk proofing, olesi dengan minyak goreng.
- bulatkan adonan, masukkan bagian yg mulus ke dalam baskom proofing, lalu balik adonannya sehingga permukaannya menjadi mengkilat.
- adonan ini bisa untuk satu loyang pizza ukuran 30-32 cm jadinya cukup tebal seperti penampakan. kalau suka lebih tipis, gunakan 2 loyang ukuran 24-26 cm. setelah selesai diuleni, bagi dua adonan, proofing di 2 wadah terpisah.
- diamkan selama 15 menit.
- gilas tipis adonan, lalu masukkan dalam loyang pizza yang sudah diolesi minyak zaitun.
- tusuk-tusuk dengan garpu. adonan siap ditutup topping.

Saus Olesan

bahan :
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
10 sdm saus tomat
1/2 sdt oregano
1/2 sdt basil
garam, gula, lada secukupnya, sesuai selera
2 sdm minyak zaitun

cara membuat :
- tumis bawang bombay dengan minyak zaitun hingga harum, masukkan bahan lainnya.
- masak hingga meletup-letup, dinginkan.

Topping :
sosis, potong tipis
daging asap, potong kecil-kecil
paprika hijau (nggak boleh pake)
nanas, potong kecil-kecil (nggak boleh pake:()
jamur kancing, potong tipis (nggak boleh pake:(()
keju mozarella secukupnya, parut kasar
keju parmesan

Cara menyusun :
- sebelumnya panaskan oven suhu 180oC.
- olesi pizza crust dengan saus olesan.
- taburi pizza crust dengan bahan topping yg disukai, tutup dengan taburan keju mozarella dan keju parmesan.
- panggang hingga matang, kurang lebih 15 menit.

2 comments:

  • tita says:
    10 June, 2009 10:35

    mbak, aku belajar bikin pizza ya, ada videonya nggak? Aku nggak ngerti soal tentang proofing. thanks

  • Ine Sena says:
    10 June, 2009 11:06

    maksudnya bagaimana say...? :) kalo proofing artinya mendiamkan adonan rotinya hingga mengembang...