5.25.2008

KBB#5: Banoffee Pies

logo may june
Ini dia tantangan berikutnya dari KBB. Judulnya BANOFFEE PIES aliyas Pie Pisang.



Resep seperti biasa dibaca dulu berulang-ulang sambil bulak-balik baca email temen-temen di milis yang udah pada bikin. Jadi bisa dapet tips-tips untuk mengatasi kegagalan or dapet hasil yang ok.

Ini cerita waktu bikinnya.
Keasyikan konsentrasi sama resep, sampe lupa mau moto-motoin waktu lagi nimbang bahan sampe proses bikin kulit pienya. Hwwaaa... gimana dunk, nggak apa-apa deh yaaa... pokoknya nggak ada kendala. Lalu setelah adonan kulit pie dibulatkan, masukkan kulkas, en siap digiling.
Udah gitu dimasukin ke cetakan pie. Ternyata jadinya dua loyang pie ukuran diameter 20 cm dan 16 cm. Pas banget! (Asiiik, jadi bisa sekalian eksperimen dengan topping *tadinya mikir gitu*) Tapi, waktu lagi manggang kulit pie nya kelamaan euy, jadina rada gosong pinggirannya… hehehe… maklum sambil ceting. Karena bikinnya dah malem banget, mata udah sepet, ya sut bikin fillingnya besok pagi aja deh...

Nah, tiba bikin fillingnya. Waktu bikin ini terlalu lama euy di atas kompor, jadinya agak liat. Tapi nggak bole panik, cobain tambahin susu cair dikit. Alhamdulillah lumer lagi karamelnya. Hore..! Oiya, susu kental manisnya sesue petunjuk Dita, direbus dulu dalam keadaan kaleng tertutup selama kurleb 3 jam-an biar warnanya rada coklatan. Sambil ndidihin fillingnya ini, sambil juga menata irisan pisang ke dalam kulit pie. Pisangnya pisang ambon, total 5 buah yg kupake. Dan emang tinggal segitu pisangnya... hahaha... Lalu, tuangin deh caramelnya tadi diatas pisang. Jadinya ternyata juga paasss banget untuk 2 loyang ini. Ini bikinnya juga rada dikejar waktu, soale mo arisan. Dengan niat satu loyang yg besar mau dibawa. Tapi masih sempet diinepin di kulkas kok 2 jam-an. Untuk topping aku pake whipcream cair yg dikocok. Udah nggak kepikiran mo diapain lagi ini pie selain sesue petunjuk. Huehehee… dasar emang bolot. Trusan taburin sama kopi bubuk *inget idenya Dita lagi* dengan harapan bisa ngimbangin rasa manisnya pie yg udah kebayang bikin gigi cenut-cenut. Trus biar nggak polos banget tambahin cherry merah. Std banget deh dekornya. Motonya juga asli buru-buru pas mo dibungkus. Tapi berusaha dapet yg bagus dunk. *:D belain diri*
Di arisan dipotonglah pie ini, icip-icip… hmmmmm…… gitu deh, macem2 komentarnya. Tapi rata2 satu suara : Manis bangeeet neeeeee……!! Biarin, tapi habis juga tuh… ;)). Kalo menurutku sendiri sih, ya sama… emang kemanisan:P. Trus ditaburin kopi bubuk itu ternyata nggak tepat, karena rasanya nggak kena euy. Iya sih jadi pahit, tapi pahitnya nggak matching sama rasa kesemuanya *sorry ya, Dit*. Usulan temenku katanya cobain jangan pake kopi, tapi pake kacang-kacangan seperti almond. Ide bagus nih, rencana mo nyobain untuk loyang satunya yg masih di rumah.
Tapi rencana tinggal rencana, ternyata dapet kabar duka yang mengharuskan aku dan keluarga pergi menuju Palembang :(. Jadinya pie terakhir ini blom sempet gw kerjain, akhirnya gw hibahkan untuk tetangga sebelum gw berangkat ke Palembang.

Itu deh laporanku, dan udah dapet tanda lulusnya lagi niih...
Thank you....:-*

13 comments:

  • Elsye says:
    31 May, 2008 18:00

    cakeppp Ine banopinya..:D..didecor kayak gitu jadi keliatan keren deh..:D

    btw emang kemanisan..hihihihi aku juga kurangin semua gulanya, malah itu pie crustnya pake guel 1/2 SDM doang..wakakakak..sama SKMnya aku pakein susu cair agak banyak..:P

    duh sori jadi curhat..:P

  • mae says:
    31 May, 2008 19:33

    mbak Ineeee, cantik banget banopinya, suka deh sama whipkrim yang bergelombang itu, fotonya juga cakeeeep bangets.... Sukses juga ah!

  • MiNDY says:
    31 May, 2008 22:30

    cakep bener hasil akhirnya jeng. bagus dweh whipped cream-nya ada gelombang gitu. fotonya juga owkeh. selamat ya sut lulus

  • Ine Sena says:
    31 May, 2008 23:00

    elsye : iya ya, pie crustnya aku juga lupa mo ngurangin gulanya saking konsen sama resep. dah lama nggak bikin pie soalnya... thx ya...

    mae : duu... tengkyu mae...

    mindy : ditarik pake spatula aja sbetulnya, nggak sengaja tapi kok lumayan cakep juga yak... hehe... tengkyu ya mindy...

  • Andrie Anne says:
    31 May, 2008 23:31

    Yang kamera baru..penasaran liat fotonya. Pasti keren. Ne, walo pie ini agak beleneq, tp gue mau lagi dan lagi huahahaha dasar gembul. Keren euy pie-na..cantik Ne:-)

  • Ine Sena says:
    01 June, 2008 09:07

    blom ada potona yg dipublish ne... masi digauli nih... rada kagok en tersepona... thx say...

  • Arfi Binsted says:
    01 June, 2008 09:49

    hehehe... good job, bu! ditunggu hasil foto2nya yang laen ya, ramein KBB-Flickr juga ah!

  • Ine Sena says:
    01 June, 2008 10:44

    tqu mbak.... otre... otre...

  • Dita says:
    02 June, 2008 22:50

    puyeng abis jalan sana sini nyomotin banopi. sampe lupa uda kemari apa belom :P.

    Naaaaa ketauan yang punya kamerea baru!!!! Ayo dong setor2 foto di KBB Flickr.

  • eliza says:
    03 June, 2008 03:52

    cantik jadinya...silahkan di link Ine.

  • ezza says:
    03 June, 2008 12:49

    cakep hasilnya...

  • Mrs. Baasje says:
    04 June, 2008 02:09

    Pake kopi jadinya moccacino apa capuccino..yummy

  • ~Atiek~ says:
    04 June, 2008 11:51

    Keren lho pienya..
    Selamat ya.. salam KBB.