10.29.2008

Soto Betawi

Photobucket


"Soto ini termasuk masakan yg nggak terlalu ribet walo bumbunya rada rame. Pengobat rasa jenuh kalo masak lagi bosen. Kalo yg begini-begini musti nyontek dulu resepnya (dari buku resep Primarasa, seri Soto Nusantara), secara jarang bikin biar nggak ada bumbu yg ketinggalan. Takaran gw sesuaikan dengan feeling."
Bahan :
400 gr daging sapi has dalam
air secukupnya
1/4 butir pala
3 lembar daun jeruk
5 butir cengkeh
2 cm kayu manis
150 ml santan kental instant
2 sdt garam
2 sdt gula pasir

Bumbu halus :
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 ruas jahe
1 sdt ketumbar
1/4 sdt jinten
1/4 sdt merica
jika ingin kuahnya berwarna agak kemerahan, tambahkan 1 buah cabe merah yg dibuang bijinya

Pelengkap :
jeruk nipis
seledri, iris halus
daun bawang, iris halus
tomat, potong kecil-kecil
bawang goreng
sambal rawit
emping
kecap manis

Cara membuat :
- rebus daging hingga empuk (pake panci presto kurleb 20 menit), dinginkan lalu tiriskan.
- potong-potong daging bentuk dadu.
- didihkan kaldu bersama pala, daun jeruk, cengkeh, kayu manis, garam, dan gula. (sesuaikan jumlah kaldu, jika dirasa kurang tambahkan air)
- masukkan potongan daging.
- tumis bumbu halus hingga harum, masukkan ke dalam kaldu.
- masukkan santan kental, kecilkan api, timba-timba kuahnya agar tidak pecah.
- hidangkan bersama bahan pelengkap.

5 comments:

  • rita bellnad says:
    30 October, 2008 13:06

    semangkuk buat aku ya ne...*melaz*
    fotomu keren ne, stylingnya...componya....
    kapan ngajarin aku

  • Retno Prihadana says:
    30 October, 2008 19:58

    Wuiii..segerrrr, disini mulai dingin lagi, enak niy nyruput soto.

  • ine sena says:
    30 October, 2008 20:07

    to rita : iiihh... mb, nggak salah ni minta ajarin aku..? makasi ya...

    to retno : emang enak makan yg kuah-kuah kalo lg dingin... brr...

  • ummurifqi says:
    31 October, 2008 20:25

    mau dong mba, sotonya sedap sekali...

  • pipi says:
    20 November, 2008 10:46

    assalamu'alaikum...
    mba' ine makasih yah udah berbagi ilmunya..smoga bermanfaat..InsyaAllah...aku udah nyubain soto betawinya...seger..haruummm n yummy...nih sekarang baru nyicipin hasilnya...:)ntar aku mau cuba resep yang lainnya....