2.05.2007

Bakso Malang



"Ini bakso malang jadi-jadian. Pesenan Jeng Indah sebagai pengganti batagor karna ga ada stock tahu. Gimana Jeng... enak tidak...? Makannya kalo pas hujan-hujan...duch... glek...="

Pangsit Goreng

bahan :
kulit pangsit goreng
150 gr udang kupas
1 siung bawang putih, parut halus
1/4 sdt minyak wijen
1/4 sdt kecap ikan
1/4 sdt lada halus
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1 sdt tepung maizena

cara membuat :
- campur dan haluskan semua bahan dengan menggunakan food processor (FP). kalo ga punya FP, cincang halus udang menggunakan pisau besar, aduk dengan semua bahan.
- bulat-bulatkan adonan dengan menggunakan 2 buah sendok kecil, lalu matangkan dengan cara direbus atau digoreng sebentar saja.
- ambil 1 lembar kulit pangsit, letakkan adonan isi di salah satu sudut, gulung kira-kira sampai setengah panjang kulit pangsit, tahan, satukan bagian kulit dari kedua sisi kiri dan kanan bagian isi, lekatkan menggunakan putih telur. (duh ribet jelasinnya... smoga ngerti ya... udah pada pinter jg kan...hehe)
- goreng dengan minyak panas sedang.


Bakso Goreng

bahan :
100 gr udang kupas
100 gr daging ikan tenggiri
100 gr daging sapi giling
1/4 sdt minyak wijen
1/4 sdt kecap ikan
1 sdt garam
2 sdt gula pasir
2 siung bawang putih, parut halus
50 ml air
100 gr tepung sagu ubi
1 sdt baking powder
minyak untuk menggoreng

cara membuat :
- haluskan semua bahan dengan menggunakan food processor hingga halus benar. (warna menjadi pucat)
- bulatkan menggunakan 2 buah sendok makan, goreng dengan minyak panas sedang.
- bolak-balik hingga matang.


Siomay

bahan :
kulit pangsit rebus
200 gr daging ikan tenggiri
2 siung bawang putih, parut halus
1 sdt garam
2 sdt gula pasir
50 gr putih telur
25 gr santan kara
50 gr air dingin
100 gr tepung sagu
1 batang daun bawang, iris halus

cara membuat :
- haluskan semua bahan kecuali tepung dan daun bawang menggunakan food processor.
- masukkan tepung sagu, proses hingga tercampur rata
- masukkan daun bawang, aduk rata.
- ambil selembar kulit pangsit rebus, letakkan 1 sdm adoan ikan, bentuk bunga.
- siapkan kukusan, olesi alasnya dengan minyak goreng agar siomay tidak lengket.
- tata siomay dalam kukusan, kukus hingga matang. (kurleb 20 menit)


Lumpia Kering

bahan :
kulit lumpia
sisa adonan Bakso Goreng atau Siomay

cara membuat :
- ambil selembar kulit lumpia, isikan dengan adonan isi, gulung.
- goreng lumpia hingga kuning kecoklatan


Kuah

bahan :
2 tulang dada ayam (utuh)
5 liter air
3 siung bawang putih, geprek
2 batang daun bawang, iris halus
1 sdm garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt lada halus
3 kaldu maggi blok rasa ayam

cara membuat :
- rebus tulang dengan air dan bawang putih selama 2 jam dengan api sedang. tambahkan air bila perlu.
- saring kaldu.
- masukkan bahan lainnya, didihkan kembali


Pelengkap

bahan :
bakso sapi
seledri, iris halus
bawang goreng
sambal rawit rebus
kecap
cuka

10 comments:

  • Bunda Faikar says:
    12 February, 2007 19:54

    waduuhh ngecess abiss liat bakwan malang....

  • oni says:
    13 February, 2007 10:36

    Ine, makasih ya dah mampir... aduh itu bakwan menggoda banget tampangnya...

  • Tina says:
    15 February, 2007 18:30

    Wuahhhhhhhhhh, jadi laper..

  • belly says:
    17 February, 2007 19:37

    ne, kulit pangsit bekel dari mana? gimana nyimpennya?

  • Maria says:
    20 February, 2007 05:36

    Walah nev, ngabibita atuh ieu mah...hehehe... jd pengen pisan makan bakwan malang, dimana atuh sayah nyarinya? hehehe... :)

  • yummy! says:
    20 February, 2007 15:54

    *glek* ujan ujan boww...paling bener deh makan beginian!!

  • Anonymous says:
    03 March, 2007 17:36

    mbak ine.....itu yg bakso gorengnya, tepung sagunya bisa diganti tepung kanji ndaaaakk? disini tpg sagu ga tuh....gimana dunk?

  • Ine Sena says:
    04 March, 2007 17:21

    bisaa... bisa banget mbak. tapi tentu hasilnya beda. hasilnya mungkin lebih kenyal. kalo pake tepung sagu ubi hasilnya bakso kalo digigit, nyakrek...(?!) hihi, ngerti ga maksutku ..?

    to t'Belly:
    hehe... impor dunk teh... nitip sm yg balik ke sini...

  • Anisa says:
    05 March, 2007 10:19

    mbak Ine, itu baksonya daging sapi giling, ikan sama udang dicampur jadi satu ya...? atau dagingnya sendiri2 ya...? makasih mbak..

  • Ine Sena says:
    06 March, 2007 06:41

    mbak Nisa, yak betul campur aja smuanya...