9.29.2006

Roti Jala dan Kari

Photobucket - Video and Image Hosting


"hehe... sebelumnya maaf ya... bukan maksud hati menggoda iman... hanya coba bantu memberi inspirasi kalo masak lagi mentok..."
Roti Jala

bahan :
100 ml santan kental instant
500 ml air
250 gr tepung terigu
2 butir telur
1/2 sdt garam
2 sdm minyak sayur

cara membuat :
- masukkan semua bahan ke dalam blender, haluskan.
- dadar adonan dengan bentuk jala menggunakan gelas roti jala. kalo ga punya, masukkan dalam kantong plastik, gunting ujungnya kecil saja kurleb 1 mm
- jika telah matang, gulung atau lipat

Kari

bahan :
500 gr daging sapi (untuk rawon)/kambing, potong kecil2
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
3 buah cabe merah, kalo mau pedes boleh deh ditambah
1 sdm garam
2 sdt gula
1 ruas jahe
1 ruas kunyit
2 sdm bumbu kari bubuk
2 ruas lengkuas
2 batang sereh, ambil bagian putihnya, geprek
3 lembar daun jeruk
1 lembar daun salam
3 butir cengkeh
2 butir kapulaga hijau
1 bunga lawang
1 cm kayu manis
2 liter santan
1 buah kentang, potong kecil
2 sdm tepung beras, larutkan dengan sedikit air

cara membuat :
- haluskan bawang putih, bawang merah, cabe merah, garam, gula, dan jahe.
- tumis hingga harum, masukkan daging, tumis hingga berubah warna.
- masukkan sisa bumbu rempah.
- masukkan santan, masak dengan api sedang hingga daging matang dan empuk. tambahkan air jika kuah terlalu sedikit.
- masukkan kentang, masak hingga kentang matang.
- masukkan larutan tepung beras, masak hingga kuah mengental.

Acar Pedas

bahan :
1 buah ketimun, potong dadu kecil
1 buah wortel, potong dadu kecil
5 buah cabe rawit, haluskan
1 buah jeruk nipis, peras airnya
1 sdm gula pasir
1 sdt garam

cara membuat :
- campur semua bahan, aduk rata. letakkan dalam wadah plastik, tutup.
- simpan dalam lemari es selama 3 jam.

2 comments:

  • Riana says:
    04 October, 2006 22:09

    Ini harusnya masuk ke daftar top 5 gue neh..

  • duniabunda says:
    14 April, 2007 17:56

    aduh pengen nyoba euy.. orang bandung bikin masakan arab...