8.25.2008

Bubur Sumsum

bubur sumsum


"Gw sama Aiko paling demen sama bubur ini. Di mana-mana juga ada resep ini. Memegang teguh perbandingan resep yg diberikan ibunda ; 1:10 untuk buburnya, lalu 1:2 untuk air gulanya. Temuin tips biar buburnya muluuuus.... "
bahan bubur :
100 gr tepung beras
1 lt santan (aku dari 200 ml santan kental instant)
1 lembar daun pandan
1/2 sdt garam

bahan air gula :
150 gr gula jawa
300 ml air
1 lembar daun pandan
1 sdm gula pasir

cara membuat :
- siapkan panci, tuang santan. lalu masukkan tepung beras dan garam. aduk hingga tepung beras larut.
- nyalakan api kompor dengan panas sedang, jerang panci di atasnya, lalu masukkan daun pandan.
- aduk dengan menggunakan sendok kayu yg tipis (aku pake sepasang sumpit kayu yg besar untuk masak) hingga adonan menjadi kental dan meletup-letup.
- matikan api, dinginkan.
- untuk air gula, didihkan semua bahan selama 10 menit, lalu saring, dinginkan.
- hidangkan bubur sumsum dengan disiram air gula.

7 comments:

  • EPHO's says:
    25 August, 2008 21:16

    Mbak Ine, salam kenal. Thanks resepnya asik. Kedoyananku jg. Tapi knapa ya aku kalo bikin bubur ini trus mrekngkel2? Diaduk2 juga nggak mau alus :(

  • ine sena says:
    26 August, 2008 06:25

    to epho : ngaduknya jangan sampai ditinggalin mbak. trus ya gunakan itu tadi, adukan yg langsing (contoh : sumpit kayu besar). aduk semakin cepat kalau sudah mulai mengental.

  • EPHO's says:
    27 August, 2008 02:49

    Hehehe, iya ya, namanya masak ngga boleh ditinggal2 dan ngga boleh males. Tadinya aku dah mau nyalahin tepung beras trinidad loh, karena kayaknya butirannya kasar. Ngga taunya salahku dhewe. Thanks mbak Ine!

  • Echa says:
    04 September, 2008 14:59

    Salam kenal Mbak. Nama saya Echa, mahasiswa rantau di Aussie, tapi aslinya dari Irian juga (tepatnya di Manokwari). Wah resepnya mantep banget. Selama ini saya make resep lain tapi hasilnya kurang pas. Cuma sama resep ini baru hasilnya bagus banget. Makasih banyak ya Mbak.. Keep on posting :)

  • Lia says:
    20 October, 2008 11:46

    mbakyu, kuangeeennn...! pakabarnya, minal aidin wal faidzin ye!

  • Ririen Klind says:
    05 March, 2010 09:15

    Mba Ine, aku coba resepnya dgn menggunakan tips yg diberikan... hasilnya buburnya halus, gak menggumpal... dan rasanya enak... cuma aku gak pake daun pandan... nyarinya jauh... mesti ke toko Asia dulu... halah... ribet...tapi ini aja udah OK kok... thanks ya... banyak resep yang oke oke nih disini... ;)

  • Laksita WIjayanti says:
    25 July, 2011 19:12

    Mbak! Resep bubur sumsumnya TOKCER!!hasilnya beneran anti gagal, buburnya alus lembut. Hebat deh....setelah belasan resep dari buku/majalah baru resep dari dapoerkoe yang akhirnya sukses!!!Kereeen pokoknya deh mbak